Selasa, 14 April 2009

STIKES Bhamada Gelar Diklatsar KSR

* Diikuti Oleh 32 Peserta

SLAWI - Dalam rangka penerimaan anggota, Korps Suka Rela (KSR) unit Stikes Bahamada menggelar kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) KSR. Pelatihan dilangsungkan selama 3 hari, antara 21 - 23 Feb lalu di kampus Stikes Bhamada di Slawi dan juga di lapangan Desa Lebaksiu kidul Kecamatan Lebaksiu. Sebanyak 32 peserta yang merupakan mahasiswa tingkat 1, terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menurut Mahadir Mafkur, salah seorang panitia, kegiatan Diklatsar itu merupakan agenda rutin tahunan yang digelar KSR unit Stikes Bhamada dalam rangka penerimaan anggota baru. Selain itu,kegiatan tersebut juga memiliki tujuan utama yaitu menerapkan dasar-dasar pengertian KSR PMI unit Stikes Bhamada.

''Kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda rutin sejak Stikes didirikan, bahkan sejak akper Bhamada berdiri sekitar tahun 1996,'' ujarnya.

Mahadir Mafkur menjelaskan, kegiatan Diklatsar KSR kali ini dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama, dilaksanakan selama 2 hari di kampus Stikes Bhamada Slawi dalam bentuk pemberian materi. Sejumlah materi yang diberikan kepada peserta, antara lain tentang Dinamika Kelompok, kepalangmerahan, dan dasar-dasar kepemimpinan. Setelah 2 malam mengikuti pelatihan dasar di kampus Stikes, peserta melanjutkan kegiatan di lapangan Desa Lebaksiu Kidul. Untuk menuju lokasi kegiatan, peserta menempuh perjalanan dengan berjalan kaki (long march).

''Selama 2 hari, peserta bermalam di STIKES. Kemudian peserta berjalan kaki menuju ke lapangan Desa Lebaksiu Kidul. Sebelum tiba di lokasi, peserta sempat bermalam di SMP N 1 Lebaksiu,'' terangnya.

Di lapangan desa Lebaksiu Kidul, peserta menjalani sejumlah kegiatan praktek. Diantaranya kegiatan out bond permainan dan praktek penanggulangan bencana massal. Digelarnya kegiatan out bond, menurut Mahadir, untuk melatih kekompakan tim. Sedang praktek penanggulangan bencana masal, menurutnya bertujuan untuk memberikan latihan dasar kepada peserta dalam penanggulangan bencana.

''Untuk penanggulangan bencana masal, kami menggunakan simulasi seolah-olah terjadi bencana tanah longsor. Dalam kegiatan itu, peserta dilatih mengevakuasi korban dan tindakan-tindakan lainnya yang dianggap perlu,'' ungkapnya.

Sunarto, staf humas PMI cabang Tegal mengungkapkan, selama ini PMI cabang juga menggelar kegiatan sejenis secara rutin. Termasuk pula di dalamnya, penyelenggaraan diklatsar bagi KSR unit PMI cabang Kabupaten Tegal.

''Kami mengadakan kegiatan pelatihan Diklatsar KSR secara rutin. Tujuannya untuk melatih sebanyak mungkin relawan KSR, terutama untuk penanggulangan bencana,'' ujarnya.

Kegiatan Diklatsar KSR unit Stikes Bhamada Slawi dibuka secara resmi pelaksanaannya oleh Pembina KSR unit Stikes Bhamada, Ariani Indriastuti. Kegiatan ditutup oleh Wakil Kepala III Bidang Kemahasiswaan, Tri Agustina H, SST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar