Selasa, 14 April 2009

257 Siswa Ikuti Pengukuhan PMR Madya se-Kabupaten Tegal

LEBAKSIU – Sebanyak 257 siswa SMP/MTs se-Kabupaten Tegal, Minggu (8/3) lalu, mengikuti kegiatan pengukuhan PMR Madya. Kegiatan dipusatkan di lapangan Desa Lebaksiu Kidul Kecamatan Lebaksiu. Kegiatan dibuka pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB dan berakhir sore harinya sekitar pukul 15.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, setiap sekolah mengirimkan antara 30 – 40 siswanya. Siswa kemudian dibagi menjadi 3 kelompok, dengan bentuk kegiatan yang berbeda satu dengan lainnya. Peserta yang tergabung dalam kelompok A, mendapatkan materi tentang prinsip-prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Untuk kelompok B, siswa mendapatkan materi kepemimpinan, yang disajikan dalam bentuk permainan out bond. Sementara untuk kelompok C, peserta mendapatkan materi tentang Gerakan Kepalangmerahan.
Dibaginya siswa peserta ke dalam 3 kelompok kegiatan yang berbeda, menurut staf PMI cabang Kabupaten Tegal, Mahmudin agar saat kembali ke sekolah masing-masing, peserta dapat saling bertukar informasi dan ilmu yang didapat. Termasuk pula terkait dengan efektifitas penyelenggaraan serta ketersediaan alokasi waktu yang terbatas.

‘’Cara ini kami tempuh untuk lebih mengefektifkan waktu. Karena materi yang harus disampaikan banyak, sementara waktu yang tersedia sangat terbatas,’’ terangnya.

Seluruh peserta nampak antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang disajikan. Pada penghujung acara, peserta dikukuhkan dengan upacara sederhana yang dipimpin oleh salah satu pelatih PMI cabang Kabupaten Tegal, Drs Hernan.

Dalam amanatnya, Drs Hernan berpesan agar seluruh peserta tetap menyadari kewajiban sebagai pelajar. Sehingga diharapkan, kewajiban belajar tidak terganggu oleh kegiatan ekstra kulikuler, seperti halnya PMR.

‘’Kegiatan ekstrakulikuler adalah hal penting, tapi kewajiban belajar juga penting. Jadi, jangan sampai melupakan kewajiban sebagai seorang siswa, yaitu belajar,’’ himbaunya.

Pengukuhan peserta ditandai dengan penyematan badge PMR Madya. Penyematan dilakukan secara simbolis oleh Drs Hernan kepada 2 orang perwakilan peserta.

(Peserta Pengukuhan sedang menerima
Materi Pesan Berantai oleh Panitia).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar