Senin, 26 Desember 2011

Hari Relawan, PMI Kampanyekan PRB

Tampak Relawan PMI mulai aksi Penanaman Pohon
DALAM rangka memperingati hari Relawan PMI tahun 2011, puluhan relawan PMI Kabupaten Tegal yang terdiri dari Korps Suka Rela (KSR), Tenaga Suka Rela (TSR), dan tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), mengadakan kampanye Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Kegiatan dipusatkan bagi masyarakat Dukuh Sawangan Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Tegal dengan dukungan Palang Merah Jerman (GRC) itu, dilaksanakan selama dua hari. Yakni dimulai Sabtu (24/12) hingga Minggu (25/12) tahun 2011 yang lalu.
Staf Bidang PB PMI Kabupaten Tegal, Sunarto, mengatakan, secara umum Dukuh Sawangan Desa Sigedong memiliki luas wilayah kurang lebih 5.800 m2. Daerah tersebut terdiri dari 10 RT dengan jumlah penduduk kurang lebih 4.200 jiwa. "Mayoritas penduduk Dukuh Sawangan berprofesi sebagai petani," ujarnya.
Menurut Sunarto, melihat kondisi wilayah dengan geografis yang berbukit dan berjarak lebih kurang 7 Km dari puncak Gunung Slamet, sehingga beresiko dengan ancaman aktifnya gunung berapi. Selain itu, juga ancaman bencana tanah longsor serta bencana lainnya.
Penghijauan di pusatkan di pinggir lereng/bukit sawangan

Menurutnya, gambaran masalah tersebut diperparah lagi dengan akses jalan yang berbatu serta harus melewati wilayah Kabupaten Brebes. Untuk itu, dipandang perlu untuk mensosialisasikan dan kampanye PRB. “Kampanye PRB ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam melaksanakan upaya-upaya kesiapsiagaan dan pengurangan resiko (dampak) bencana yang terjadi di lingkungannya,“ ungkapnya.
Disisi lain, Kordinator Lapangan Program Sekolah Siaga Bencana PMI Kabupaten Tegal, Mashuri, menjelaskan, kampanye PRB ini menggunakan metode penyuluhan oleh relawan dengan mendatangi rumah-rumah warga. Dalam kunjungannya, para relawan juga sekaligus memasang stiker di setiap rumah dengan slogan stiker bertuliskan “Hijaukan Alamku Selamatkan Bumiku“.
Sosialisasi Upaya Pengurangan Resiki kpd warga sawangan
Lebih lanjut dikatakan Mashuri, selain metode penyuluhan kepada warga, juga dilaksakanan penyebaran informasi PRB dengan pemutaran film kebencanaan dan lomba menggambar bagi anak-anak Dukuh Sawangan. Lomba menggambar itu mengusung tema Bencana Alam di sekitar kita. “Sasaran penyuluhan ditujukan disemua lini warga baik dewasa, pemuda, maupun anak-anak. Karena, mereka semua menjadi sasaran resiko bila terjadi bencana,” terangnya.
Selain kegiatan kampanye PRB, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa aksi penanaman 100 bibit pohon pinus yang ditanam di lahan yang ada pinggiran bukit Sawangan dan tempat pemakaman umum setempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar