Selasa, 14 April 2009

SMK Peristek Gelar Donor Darah

* Dalam Rangka Harlah ke-24

PANGKAH - SMK Peristek Pangkah, Sabtu (7/3) yang lalu, menggelar aksi donor darah sukarela. Kegiatan yang diselenggarakan di aula SMK Peristek itu merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Lahir (harlah) ke-24 sekolah tersebut. Kegiatan diikuti ratusan siswa dari kelas X - XII. Sebelumnya, Kamis (26/2) lalu, SMK Peristek juga menggelar kegiatan yang sama. Dalam 2 kali gelaran donor darah suka rela itu, berhasil dikumpulkan sebanyak 61 kantong dari berbagai jenis golongan darah.

Menurut Guru dan pembina PMR SMK Peristek, Samsul Hadi, digelarnya kegiatan itu terutama untuk melatih kepedulian siswa kepada sesama. Di samping juga untuk memperingati harlah SMK Peristek ke-24.

''Kegiatan ini untuk menggugah rasa kemanusiaan siswa. Juga untuk melatih kepedulian terhadap manusia lain yang membutuhkan pertolongan,'' terangnya.

Selain donor darah, lanjut Samsul hadi, SMK Peristek juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya. Diantaranya sunatan masal, pengajian akbar, pawai ta'aruf, jalan santai, dan sepeda santai. Keseluruhan kegiatan itu dilaksanakan sebagai rangkaian acara peringatan harlah SMK Peristek ke-24.

''Kegiatan ini selain diselenggarakan oleh SMK Peristek juga diselenggarakan oleh yayasan Peristek,'' imbuhnya.

Sementara itu, puluhan siswa yang mengikuti aksi donor darah sukarela juga harus menahan kecewa. Pasalnya, banyak diantara mereka yang dinyatakan belum memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya. Beberapa karena umur yang masih kurang dari 17 tahun, berat badan yang kurang, kadar Haemoglobin yang tergolong rendah, serta tekanan darah yang tidak memenuhi syarat. Sehingga petugas dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI cabang Kabupaten Tegal batal mengambil darah sejumlah siswa itu.

''Banyak juga siswa yang gagal diambil darahnya. Beberapa diantaranya bahkan ada yang ngotot untuk tetap diambil. Tapi karena tidak memenuhi syarat, jelas kami tolak,'' ungkap Agung, salah seorang petugas dari UTD PMI cabang Kabupaten Tegal.

Dari pengamatan Radar, siswa nampak antusias mengikuti kegiatan donor darah sukarela tersebut. Sejumlah siswa yang gagal diambil darahnya, nampak tetap berada di lokasi sembari memberi semangat rekan-rekannya yang berhasil mendonorkan darah mereka. (aan). (kutipan Radar Tegal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar