Kamis, 31 Mei 2012

PELATIHAN DESA SIAGA BENCANA, PMI LATIH PPGD

Tampak Pelatih memperagakan Resusitasi Jantung Paru pada Peserta
SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal baru-baru ini memberikan materi  Penanganan Penderita Gawat Darurat (PPGD) bagi Peserta Pelatihan Pengembangan Desa Siaga Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tegal. 

Pelatihan yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Bumijawa dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 28 s.d 29 Mei 2012 dan melibatkan 40 relawan yang ada di wilayah Kecamatan Bunijawa, yang terdiri dari anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Bumijawa, Batumirah, Sigedong, Bidan Desa di Wilayah Kecamatan Bumijawa, SAR Bumijawa, Kelompok Pecinta Alam GALAS dan Tokoh Pemuda di Wilayah Kecamatan Bumijawa.


Fasilitator Pelatih PPGD dari PMI Kabupaten Tegal, dr Bimo Bayuadji mengatakan, dengan pembekalan materi Penanganan Penderita Gawat Darurat (PPGD) tersebut dapat meningkatkan kemampuan relawan dalam menangani korban bencana. "Dengan bekal pengetahuan penanganan pertolongan pertama pada relawan, diharapkan dapat meminimalisir resiko akibat bencana,"Jelasnya.


Ditambahkan dr Bimo, beberapa materi PPGD yang disampaikan antara lain materi Penunjang Hidup Dasar, Balut membalut dan cara Evakuasi Korban. "Itu adalah materi Dasar, namun dengan bekal itu Relawan sudah mampu menangani korban,"pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal, Ir. Eling Susiandi, M.Si. mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar masyarakat peka terhadap bencana, tanggap akan datangnya bencana. "Sedini mungkin masyarakat harus siap menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, sehingga tahu harus berbuat apa bila bencana datang,"ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar