Selasa, 14 April 2009

KSR PMI Programkan Pelatihan Sibat

* Dari Raker KSR PMI Cabang Kabupaten Tegal

KORPS Suka Rela (KSR) PMI Cabang Kabupaten Tegal merencakan program Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat). Program tersebut diwujudkan dalam bentuk pelatihan penaggulangan bencana serta kesiagaan menghadapi bencana alam. Program ini terutama ditujukan bagi warga yang tinggal di sejumlah lokasi yang rawan terjadinya bencana alam.

Hal ini terungkap saat digelar Rapat Kerja (raker) KSR PMI Cabang kabupaten Tegal, baru-baru ini. Selain membahas program Sibat, KSR juga membahas sejumlah program kerja lainnya yang akan dilaksanakan dalam tahun 2009 ini. Raker diikuti sejumlah pengurus KSR dan pengurus PMI Cabang Kabupaten Tegal.

Menurut Mashuri, salah seorang pengurus KSR PMI Cabang Kabupaten Tegal, rencana pelatihan program Sibat akan digelar antara lain di Desa Batumirah Kecamatan Bumijawa. Pasalnya, daerah ini dinilai sebagai daerah yang rawan terjadinya bencana tanah longsor.

''Untuk program Sibat, warga akan dilatih menghadapi keadaan bencana. Baik sebelumnya, saat bencana, maupun paska terjadinya bencana,'' terangnya.

Dalam raker ini, KSR juga membicarakan agenda rencana rekruitmen anggota, yang lebih diutamakan pada anggota PMI yang masih berstatus sebagai siswa yang duduk di kelas XII SMA/SMK/MA.

Kami juga berencana merekrut calon anggota KSR. terutama dari anggota PMR golongan Wira yang masih duduk di kelas 3 SMA/SMK/MA. Diharapkan nantinya, setelah lulus mereka mau aktif menjadi anggota KSR,'' terangnya.

Seksi Diklat PMI Cabang Kabupaten Tegal, Mahmudin, menyatakan, raker KSR ini terutama bertujuan untuk merumuskan program kerja tahunan yang akan dilaksanakan oleh pengurus KSR PMI Cabang Kabupateh Tegal. Dengan adanya perencanaan yang matang agar kinerja KSR dapat terencana dengan baik.

''Raker ini untuk merumuskan rencana kerja KSR selama tahun 2009. Ini merupakan agenda rutin yang harus dilaksanakan sebagai bagian dario perencanaan kerja KSR,'' ujarnya.

Raker KSR PMI Cabang Kabupaten Tegal juga dihadiri sejumlah utusan dari KSR unit Banjaran dan unit Stikes Bhamada Slawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar