Senin, 17 Oktober 2011

Pelatihan Kepemimpinan PMR Wira, FORPIS terbentuk

Peserta sedang dibekali materi Kepemimpinan
SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, baru-baru ini menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan bagi anggota PMR Wira bertempat di Lapangan Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari yakni dari tanggal 14 s/d 16 Oktober 2011 diikuti sejumlah 34 Unit PMR sekolah SLTA se Kabupaten Tegal. Masing-masing sekolah mengirimkan 2 orang utusan PMR.

Menurut Ketua Bidang SDM dan Citra PMI Kabupaten Tegal, Supriyono Satrio, S.Pd mengatakan, tujuan diadakan Pelatihan Kepemimpinan ini adalah membentuk karakter jiwa kepemimpinan bagi anggota PMR. Disamping itu untuk mewujudkan atau mereleasikan Tri Bakti PMR yang merupakan salah satu pedoman dalam rangka meningkatkan keterampilan remaja guna mendukung kemajuan PMI. "Sedini mungkin jiwa kepemimpinan harus ditanamkan kepada mereka, sehingga mereka akan memiliki t bekal dalam mengelola suatu organisasi", ungkapnya.



Ditambahkan dia, anggota PMR sebagai calon relawan, dapat merekrut dan mengajak relawan lainnya untuk terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, sehingga kepedulian remaja terhadap masalah-masalah kemanusiaan semakin meningkat.

Dijelaskan lebih lanjut, peserta dibekali beberapa materi Kepalangmerahan dan Kepemimpinan yakni Dinamika Kelompok, Donor Darah, Pengurangan Resiko Bencana, Pertolongan Pertama, Kesehatan dan Sanitasi, Manajemen PMR, Manajemen Kepemimpinan dan Praktek Lapangan serta Outbound.
"Untuk Praktek lapangan, peserta dibagi menjadi 5 kelompok dengan kegiatan memberikan materi kepalangmerahan kepada siswa-siswi empat sekolah yang ditunjuk. Yakni Siswa SMP N 1 Bumijawa, SMP N 1 Bojong, SMA N 1 Bojong dan MTs AsWaja Bumijawa,"urainya.
Adapun  untuk kegiatan outbound, lanjutnya, para peserta bermain beberapa game lapangan yang materinya difokuskan membentuk jiwa kepemimpinan.
Menangkap telor ayam. salah satu materi Outbound.

FORPIS
Sementara itu, alah satu agenda lainnya dalam materi pelatihan yang tak kalah pentingnya adalah pembentukan Yout Centre, yaitu pembentukan kepengurusan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) dengan memilih Koordinator Forpis baru untuk periode tahun 2011-2013  ditingkat PMI Kabupaten. Berhasil terpilih Zaenal Bahrin, utusan PMR Unit SMK N 1 Dukuhturi.
Saat ditemui usai upacara penutupan, Zaenal Bahrin mengatakan, dipilihnya  dia sebagai Korkab Forpis baru di Kabupaten Tegal adalah amanat yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. "Saya bersama ketua PMR atau Pengurus PMR di Unit-unit PMR sekolah se Kabupaten akan bekerja keras memajukan PMR di Kabupaten Tegal," Ungkapnya.
PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN PMR WIRA TH. 2011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar