Kamis, 06 Oktober 2011

PERINGATAN HUT PMI KE 66 TH. 2011


PMI harus dikenal masyarakat

UPACARA HUT PMI
SLAWI -  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, minggu (18/9) yang lalu memperingati Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang ke 66. Kegiatan dipusatkan di Alun-Alun Slawi Kabupaten Tegal. Sebanyak kurang lebih 750 orang dari jajaran PMI Kabupaten Tegal hadir memeriahkan acara peringatan HUT PMI ini. Antara lain dari Jajaran Pengurus Kabupaten, Ranting, Pelatih, Pembina PMR, KSR, Forpis, PMR Madya dan Wira.

Tema Peringatan HUT PMI ke 66 Tahun 2011 kali ini adalah “ 1 Negara 1 Lambang 1 Gerakan”, dan dengan sub tema “ Palang Merah untuk Indonesia”. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan, antara lain : 
AKSI DONOR DARH SUKARELA
  1. Upacara Peringatan HUT PMI ke 66 bertempat di Area Tanah PMI Kabupaten Tegal komplek Alun-alun Slawi. Dengan Pembina Upacara Drs. Zaenal Arifin (Pengurus Bidang PB). Di amanat Pembina  Upacara dibacakan Sambutan Ketua Umum PMI Pusat dalam Peringatan HUT PMI ke 66 Th. 2011.
  2. Anjangsana ke korban kebakaran di jakarta warga kabupaten tegal, sumber dana dari peserta upacara Rp. 413.400,00 dan Sumbang dari PMI Kabupaten Tegal Rp. 500.000,00.
  3. Donor Darah Bersama Bagi relawan PMI (TSR PMI, KSR PMI, Sibat, PMR)  dan masyarkat dengan Jumlah peserta donor 65 orang. 
  4. Bakti Sosial “ Aksi Tembok Bersih “
AKSI TEMBOK BERSIH
Pengecatan pagar yang yang bercoret di wilayah Slawi oleh Relawan PMI Kab. Tegal ( Anggota KSR PMI, Anggota Sibat, Anggota GALAS ) dan mengerahkan satu unit mobil “Aksi Tembok bersih”
Titik kegiatan :
-    Pagar SMP Muhammadiyah Slawi.
-    Bundaran Taman Bunga Slawi.
-  Pagar Trotoar depan SMA N 1 Slawi.
Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk cinta bersih dan keindahan.
  1. Pembuatan Artikel Tema “ Sekolah Sehat”  diikuti oleh anggota PMR Madya Se Kabupaten Tegal dengan jumlah peserta : 297 anak.
  2. Pembuatan Poster Tema “ Ayo Siaga Bencana”  diikuti oleh anggota PMR Madya Se Kabupaten Tegal dengan jumlah peserta : 263 siswa.
  3. Hasta karya barang bekas bertema “Remaja Ramah Lingkungan” diikuti anggota PMR Wira Se Kabupaten Tegal dengan jumlah peserta : 105 anak. (36 kelompok)
  4. Diskusi Relawan Tentang Program SSB diikuti oleh 105 anggota PMR Wira Se Kabupaten Tegal dengan materi :
-    Pemaparan PRB (Pengurangan Resiko Bencana) dan Program PMI dalam PRB dengan melalui program SSB oleh Korlap Program SSB.
-    Kegiatan PMR di sekolah ada yang melakukan aksi bersih lingkungan sekolah dengan membuat Tempat sampah dari kaleng cat besar, buat souvenir dari bahan bekas.
-    Anggota PMR akan mengembangkan kegiatan yang terkait PRB melalui kegiatan PMR di sekolahnya.
  1. Pemasangan spanduk-spanduk bertuliskan sesuai tema HUT PMI, dipasang ditempat-tempat strategis antara lain di Alun-alun Slawi, Markas PMI dan UDD PMI Kabupaten Tegal.

Disela-sela usai Upacara Peringatan, Drs. H. Zaenal Arifin, selaku Wakil Ketua Bidang IV Pengurus PMI Kabupaten Tegal mengatakan, kegitan dalam memperingati Hari Ulang Tahun PMI ke 66 2011 ini kami adakan semeriahkan mungkin agar PMI semakin dikenal masyarakat. “ PMI adalah organisasi kemanusiaan yang sumber dananya sebagian besar dari masyarakat, untuk itu kegiatan-kegiatan harus diketahui oleh masyarakat. Dengan kegiatan peringatan seperti ini sangat tepat sebagai momentum mengenalkan PMI kepada masyarakat” ungkapnya.
DESAIN POSTER PMR

Puncak acara peringatan HUT PMI di Kabupaten Tegal dengan diadakan kegiatan talk show di Radio Pertiwi Kabupaten Tegal pada tanggal 21 September 2011. Nara Sumber dari PMI Provinsi Jawa Tengah, Nasir Jamaludin dan dari PMI Kabupaten Tegal, Totok Novariyanto, S.Pd. Talkshow mengambil materi Palang Merah Indonesia, Sekolah Siaga Bencana dan Kesiapsiagaan bencana Alam berbasis Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar