Senin, 21 Mei 2012

Puting Beliung Ds. Sumbaga, PMI terjunkan Relawan


Relawan PMI sedang memasang terpal untuk atap sementara
BUMIJAWA - Bencana angin puting beliung kembali terjadi di wilayah Kecamatan Bumijawa. Kali ini terjadi di Dusun Carus Garong RT 02 RW 05 Desa Sumbaga pada Jum'at sore (18/5) pukul 16.00 WIB. Angin kecang meporak-porandakan  13 rumah warga, 1  Ruang perpustakaan SDN Sumbaga 02 dan 1 kandang kambing. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun 1 ekor kambing yang sedang hamil milik Rali (60) didapat mati.
Pada sabtu pagi (19/5), PMI Kabupaten Tegal menerjunkan Relawannya sebanyak 15 orang untuk membantu perbaikan rumah-rumah warga yang rusak. Para relawan yang terdiri dari KSR Galas, Sibat bumijawa, PMI  bersama masyarakat bahu-membahu memasang kembali atap yang rusak atau hilang. Sedikitnya 9 terpal dari PMI di pasang sebagai atap rumah sementara.
Ketua PMI Kabupaten Tegal, Bimo Bayuadji mengatakan, mendapatkan laporan dari salah satu Relawan PMI kecamatan Bumijawa, PMI langsung mnerjunkan relawan untuk melakukan assesment dan ditindaklanjuti dengan mengirimkan relawan ke lokasi kejadian. "Kami selalu tanggap bila ada bencana, sehingga resiko bencana dapat diminimalisir",jelasnya.
KSR Unit Galas Bumijawa menata material seng yg masih bs dipakai kembali

Sudiyanto, Ketua RT setempat mengatakan, Musibah puting beliung yang terjadi diwilayah kami terjadi pada Jum'at sore (18/5) yang diserta hujan lebat. Puting beliung memporak-porandakan atap rumah warga kami. Disamping ada ternak kambing warga kami yang mati akibat tertimpa pohon yang roboh. Kerugian taksir rata-rata perumah mencapai 700ribu hingga 2juta. "Kami sudah melaporkan kejadian ini ke Kepala Desa dan kecamatan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Tegal atas kepeduliannya kepada warga kami yang terkena musibah", ungkapnya.
Saat ini, warga yang mengalami kerusakan masih menunggu bantuan dari donatur untuk memperbaiki rumahnya yang rusak. Kebutuhan yang cukup mendesak antara lain material seng dan asbes. 
Kholis, Ketua PMI Kec. Bumijawa bersama Relawan PMI sedang mengatur rencan kerja perbaikan rumah warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar