Jumat, 08 Juni 2012

(Diklatsar) Satpam, PMI Latih Pertolongan Pertama

SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal memberikan Pembekalan Pertolongan Pertama dan Penanganan Dasar Gawat Darurat kepada Peserta Diklatsar Satpam, Jum'at(8/6) kemarin. Pembekalan diberikan di hari  ketiga pada Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Satpam Angkatan VII tahun 2012 tingkat Polda Jawa Tengah, yang diselenggarakan  Polres Tegal.




Beberapa materi Pertolongan Pertama yang diberikan antara lain cara penanganan orang pingsan, penanganan cidera jaringan lunak, Penunjang Hidup Dasar dengan Praktek Pernapasan Buatan dan Resusi Jantung Paru.



Pemateri dari PMI Kabupaten Tegal, dr Bimo Bayuadji menjelaskan, anggota Satpam penting sekali dibekali pengetahuan Pertolongan Pertama, karena tugas Satpam beresiko terhadap ancaman atau bahaya yang beresiko terhadap cidera bahkan kehilangan nyawa."Dengan Pembekalan materi Pertolongan Pertama itu mudah-midahan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,"jelasnya.




  
Lebih jauh dijelaskan, selain teori, peserta juga dibekali praktik cara balut membalut, penanganan orang tenggelam dan beberapa cara Evakusi Korban dengan berbagai medan. "Itu baru materi dasar, namun mudah-mudahan bisa diterapkan di lapangan dan Satpam bisa menangani bila terjadi kejadian sebenarnya,"paparnya.

Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Satpam Angkatan VII tahun 2012 tingkat Polda Jawa Tengah itu diselenggaran oleh Polres Tegal, digelar hingga 21 Juni 2012 mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar