Selasa, 08 Mei 2012

Ratusan Anggota PMR Ikuti Lomba Aksi Remaja


Penyerahan Tropi Kejuaraan oleh Ketua PMI, dr Bimo Bayuadji
SLAWI - Dalam rangka menyemarakan hari lahirnya Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional ke - 149, PMI Kabupaten Tegal belum lama ini  menyelenggarakan Lomba  Aksi Remaja. Kegiatan yang dipusatkan di Alun-Alun Slawi  diikuti lebih kurang 500 anggota PMR Madya dan Wira serta Unit PMR Program Sekolah Siaga Bencana. Lomba berlangsung selama satu hari usai upacara peringatan , Minggu, (6/5).

Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr. Bimo Bayuadji usai menjadi Pembina Upacara Peringatan menjelaskan, Lomba Aksi Remaja merupakan rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia yang jatuh pada 8 Mei. " Tema Lomba sesuai dengan Tema Peringatan, Kaum Muda sebagai Agen Perubahan, dengan menggerakkan generasi muda untuk terus melakukan aksi-aksi kemanusiaan dengan semangat Netralitas," Ungkapnya.

Ditambahkan dr. Bimo, ada empat macam lomba yang diselelnggarakan, yaitu Lomba Desain Poster dan membuat surat sahabat untuk PMR Madya, Lomba Desain, melukis tong sampah dan Lomba Penyuluhan kebersihan dan kesehatan untuk PMR Wira. "Selain lomba-lomba, kami juga mengadakan Uji Kecakapan Pertolongan Pertama bagi anggota PMR Wira, dan Uji Kecakapan Ayo Siaga Bencana bagi PMR Madya," Ujarnya.
Lomba Desain dan melukis Tempat Sampah
 
Secara terpisah, Ketua Panitia Lomba, Mashuri menjelaskan lebih rinci materi lomba-lomba. Pada lomba melukis tong sampah diikuti oleh 30 kelompok PMR Wira, dengan masing - masing kelompok berjumlah 3 orang. Sedangkan lomba penyuluhan peserta mencapai 36 kelompok dan masing-masing kelompok sejumlah 2 orang.
"Untuk kategori PMR Madya, pada desain poster peserta berjumlah 31 kelompok dan surat sahabat sejumlah 29 kelompok. Masing - masing kelompok terdiri dari 2 orang," ujarnya

Mashuri berharap, melalui lomba ini diharapkan anggota PMR dapat menjadi individu atau komunitas yang aktif berpartisipasi dalam meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana maupun dalam upayanya mengurangi resiko bencana.
Lomba membuat Surat untuk Sahabat

Salah satu Juri Lomba, Wahidin menuturkan materi lomba dapat melatih siswa dalam menggali kreatifitas dan daya imajinasi pelajar dibidang kesehatan maupun lingkungan.
"Misalnya pada lomba poster, peserta harus membuat media promosi tentang siaga bencana yang sesuai dengan tema, ada kandungan pesannya, bernilai estetika, dan harus karya orisinal atau tidak jiplakan," Pungkasnya.

Dari hasil lomba tersebut, beberpa lomba telah dimenangkan oleh beberapa unit PMR Sekolah.  Lomba melukis tempat sampah di juara I di raih oleh kelompok SMA N 3 Slawi, juara II dari kelompok SMK N 2 Adiwerna, juara III diraih dari kelompok SMA N 3 Slawi.

Untuk lomba desain poter, juara I di raih oleh kelompok dari SMPN 1 Balapulang, juara II diraih kelompok dari SMPN 1 Slawi, dan juara III diraih oleh kelompok dari SMPN 1 Slawi. Untuk lomba penyuluhan kebersihan dan kesehatan juara I diraih oleh kelompok dari SMKN 1 Adiwerna, juara II diraih kelompok dari SMAN 3 Slawi, juara III diraih oleh kelompok dari SMAN 1 Slawi. Sementara untuk lomba surat sahabat juara I diraih oleh kelompok dari MTs SA Pecabean, juara II diraih oleh kelompok dari SMPN2 Dukuhwaru, juara III diraih oleh kelompok dari SMPN2 Pangkah.
Foto bareng  para Juara dengan Bp. Nasir (Korlap Staf Program SSB)

Para Juara 1, 2, 3 dan juara mendapatkan Tropi dan piagam penghargaan. Selanjutnya hasil karya pemenang, akan dipamerkan pada Pameran hari jadi Kabupetan Tegal ke-411 mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar