Selasa, 25 Oktober 2011

PMI Bantu Korban Puting Beliung Kajenengan Bojong

Wakil Bupati Tegal menyerahkan Bantuan PMI

BOJONG - Angin puting beliung kembali menerjang Wilayah Kabupaten Tegal, kali inii terjadi di Desa Kajenengan, Kecamatan Bojong pada Sabtu (22/10) sore jam 15.00 WIB. Akibatnya puluhan  rumah rusak dan 3 diantaranya roboh. Dua rumah roboh karena tertimpa pohon dan satu diterjang karena kuatnya terjangan angin.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, karena saat turun hujan disertai angin kencang, puluhan warga berlindung di dua musola dan TPQ terdekat. Saat ini korban pemilik rumah roboh mengungsi di rumah saudara. Petugas dari Kodim, Polres, PMI dan BPBD daerah setempat sudah meninjau lokasi dan segera menurunkan bantuan. 


Kades Kajenengan, Basori, mengatakan, angin datang dari arah tenggara sekitar lereng gunung Slamet dengan suara bergemuruh. "Gumpalan angin berwarna hitam yang dibarengi hujan deras dalam tempo 30 menit sudah memporakporandakan puluhan rumah warga di desa kami,” Ungkapnya.

Rumah Rohim Rusak Parah karena tertimpa Pohon


Dikatakan Basori, puluhan rumah rusak dan 3 roboh berada di RT 01 RW 4 sebanyak 13 rumah rusak dan satu roboh. Di RT 02 RW 4 sebanyak 13 rumah rusak dan dua roboh. di RT 03 di RW 4 sebanyak 12 rumah rusak dan RT 02 RW 1 dua rumah rusak. Kerugian sementara ditaksir oleh pihak desa mencapai puluhan juta rupiah. Angin juga sempat menumbangkan puluhan pohon sehingga membuat listrik di dua RW tersebut padam sementara.  “Untuk rumah roboh di RT 01 RW 4, milik Rokib (40) dan dua rumah roboh di RT 02 RW 4, milik Rohim (55) dan Mukti (55),” ucapnya.

Menurut dia, meski musibah menimpa warga Kajenengan bahkan merusak dan merobohkan rumah, namun tidak mempengaruhi aktifitas keseharian warga. Meski demikian, Basori menyatakan, karena mayoritas korban warga tidak mampu, mereka membutuhkan bantuan dari instansi dan para donatur, untuk kembali mendirikan bangunan rumahnya yang rusak dan roboh.

Musibah angin puting beliung saat ini diibaratkan sebagai ulangan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2010, kejadian sama juga menimpa desa yang 90 prosen warganya merantau keluar kota. Bahkan di tahun sebelumnya kerusakan rumah warga lebih banyak dan lebih parah.
Relawan PMI sedang melakukan asesment






PERANAN PMI

Pada hari SENIN (24/10) PMI Kabupaten Tegal memberikan bantuan berupa paket sembako dan higienis kit, guna membantu meringankan penderitaan warga. Bantuan diserahkan bersamaan kunjungan Wakil Bupati Tegal, Moh. Hery Sulistiawan, SH, M.Hum. Dalam kesempatan itu, beliau secara simbolis atas nama PMI Kabupaten Tegal menyerahkan paket bantuan kepada Kades Kajenengan, Basori, mewakili warga korban puting beliung. Paket Sembako berasal dari bantuan PMI Kabupaten Tegal dan Higienis Kit dan terpolin bantuan dari PMI Provinsi Jawa Tengah.

(Sunarto_Humas pmi kab tegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar