Sabtu, 26 Desember 2009

DIKLATSAR KSR


Slawi - Relawan yang handal adalah relawan yang mampu dengan cepat dan tepat dalam mmberikan Pertolongan Pertama kepada korban kecelakaan maupun korban bencana.  

Pertolongan pada korban hanyut di air diperlukan keterampilan khusus dimana penolong harus bisa berenang di air, dapat menyelematkan korban bukan menambah korban.

Disinilah para relawan PMI Cabang Kabupaten Tegal dilatih cara pemberian pertolongan pertama di air. Sebanyak 30 relawan yang terdiri dari Unit KSR Markas Cabang, Unit Stikes Bhamada Slawi dan KSR Unit Kecamatan Bumijawa terlibat dalam pelatihan ini.

Berlangsung selama sehari, tgl. 1 Nopember 2009 bertempat di Sungai gung Procot - Slawi. Namun sehari sebelumya mereka dibekali materi pertolongan pertama oleh pakarnya yaitu Drs. Budi Martono, Rochadi, Inayah AMK serta Tim dari PMI Cabang Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut dirangkum dengan nama DIKLAT KSR PMI.





Kegiatan diakhiri dengan Simulasi Penangan Korban Tanah Longsor di Pesisir sunagi gung Procot-Slawi. Dalam drama ini, diilustrasikan bahwa ada Bencana Tanah Longsor di pesisir sungai gung Kelurahan Procot yang diakibatkan luapan sungai gung dan banjir. Dari kejadian ini mengakibatkan longsor dan menelan korban sebagianWarga RT 02/RW IV Kelurahan Procot yang tinggal dipesisiran. Ada yang terseret hilang, ada yang mengalami luka berat dan ringan. 
Mendengar kejadian ini, Tim Relawan PMI Cabang Kabupaten Tegal langsung menuju lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan pertama dan evakuasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar