Sabtu, 26 Desember 2009

Pentaloka Pembina PMR Wira



SLAWI– Dalam rangka peningkatan kualitas pembinaan PMR di Kabupaten Tegal, PMI Cabang Kabupaten Tegal telah menyelengarakan Pelatihan Pembina PMR Wira se Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, Selasa(4/8) sampai dengan Kamis (6/8) bertempat di Aula Dinas DIKPORA Kabupaten Tegal. Kegiatan diikuti sebanyak 33 pembina PMR Wira utusan sekolah SMA/SMK/MA se-Kabupaten Tegal.
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang PORA dinas Dikpora Kabupaten Tegal dan dihadiri sejumlah Anggota Pengurus Cabang PMI.

Tujuan diselengarakan Pelatihan ini adalah meningkatkan kwalitas dan kuantitas PMR Wira yang berkarakter positif guna mendukung peningkatan pelayanan kepalangmerahan. Metode pembelajaran menggunakan metode partisipatif yang melibatkan peran aktif peserta apalagi 50 persen peserta adalah Pembina PMR Wira baru belum pernah menerima materi Kepalangmerahan sehingga materi yang disampaikan harus menggunakan metode yang sesuai.

Adapun materi yang disampaikan antara lain Dinamika Kelompok, Norma dan harapan, Kepalangmerahan, Pembinaan PMR dan Peran Pelatih, Rekruitmen Anggota dan Tri bakti PMR, Pertolongan Pertama, Kesja, Donor Darah dan Siaga Bencana. Dalam Pelatihan juga dilaksanakan Pre Test dan Post Test tertulis untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan peserta dalam menerima materi pelatihan.

Harapan setelah Pelatihan ini, peserta dapat mengelola manajemen PMR di sekolah, dapat memajukan PMR sekolah dan dapat mengembangkan kepalangmerahan sesuai dengan Tribakti PMR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar