Sabtu, 26 Desember 2009

Pelatihan Pemetaan, VCA DAN Pra bagi KSR

 
SLAWI – Sebagai tindak lanjut Pelatihan Pemetaan dan Asesmen yang diselenggarakan PMI Daerah Jateng Th. 2009, PMI Cabang Kabupaten Tegal selenggarakan Pelatihan Pemetaan dan Asesmen bagi Anggota KSR.
Pelatihan dilangsungkan selama 3 hari, antara 24–25 Oktober 2009 di Aula SMA N 3 Slawi dan pada tanggal 22 Nopember 2009 di Desa Sudikampir Kecamatan Bumijawa. Sebanyak 30 peserta dari unsur KSR Unit Markas, Unit Stikes Bhamada Slawi dan Unit Kecamatan Bumijawa, terlibat dalam kegiatan tersebut.

Selama 2 hari, bertempat di Aula SMA N 3 Slawi peserta dibekali materi dan praktek, baik Pemetaan dan Assesment. Untuk Materi Pemetaan meliputi materi Pemetaan Resiko Partisipatif, SIG, Penggunaan GPS, Pemetaan Daerah Resiko Bencana, Analisa data HVCR dan Pengolahan data serta Praktek Tracking dan Marking. Sedangkan Materi Assesmen meliputi memahami bahaya, Resiko dan kerentanan, pengenalan materi VCA dan Pra.
Sedangkan di hari ke tiga pada tanggal 22 Nopember 2009 bertempat di Desa Sudikampir Kecamatan Bumijawa, peserta melaksanakan praktek lapangan yaitu Pemetaan Di Daerah Resiko Bencana.

Menurut Inayah, Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan Pelatihan itu merupakan hal yang bagus palagi ada materi yang baru yaitu Pemetaaan berbasis satelit dengan menggunakan alat GPS. Para peserta dapat mengoperasikan GPS semudah mengopersikan HP. Namun demikian yang penting adalah peserta dapat memahami maksud dari Pemetaan Resiko Bencana.

”Mengoperasikan GPS memang mudah dipahami, namun yang tidak kalah penting peserta harus bisa memahami materi dan dapat menerapkan di lapangan”, ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar