Sabtu, 26 Desember 2009

PMI Kab. Tegal selenggarakan Pelatihan SATGANA

SLAWI – Dalam rangka peningkatan kapasitas relawan terutama Bidang Penanggulangan Bencana, PMI Cabang Kabupaten Tegal selama 2 hari tanggal 21 – 22 Nopember 2009, menyelenggarakan Pelatihan Satgana bagi Relawan. Kegiatan dipusatkan di Wilayah Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal yang merupakan daerah resiko terkena dampak bencana alam. Sebagai peserta pelatihan, melibatkan Unit KSR Markas, Unit Stikes dan Unit Kecamatan Bumijawa dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang. Selain itu juga PMI melibatkan potensi masyarakat setempat sebagai peserta pelatihan.
Mahmudin, Kepala Markas PMI Cabang Kabupaten Tegal mengatakan, pelatihan yang dipusatkan di daerah rawan bencana ini melibatkan potensi masyarakat setempat, bertujuan meminimalisir resiko akibat dampak bencana.
”Masyarakat setempat yang kita latih diharapkan nanti mempunyai keahlian atau kapasitas terutama dalam penanganan bencana, sehingga akan mengurangi resiko akibat bencana”,ungkapnya.

Unsur Pelatih kegiatan tersebut melibatkan Kantorkesbangpol & Linmas, Polres Tegal dan dari PMI itu sendiri. Materi dari Kantorkesbangpol & Linmas menyajikan materi Manajemen Bencana Kabupaten Tegal dan dari Polres Tegal menyampaikan materi Mountering/turun tebing. Sedangkan untuk PMI Cabang Kabupaten Tegal, materi yang disajikan antara lain Dinamika Kelompok, Kesiapsiaagaan Bencana, Petolongan Pertama dan Evakuasi, Pemetaan, VCA dan Pra. Selain peserta menerima materi teori, peserta juga dibekali dengan praktek.


Diakhir acara, peserta menjalani Simulasi Kasus Penanganan Korban tanah longsor. Disini peserta berperan sebagi Tim Penolong untuk menangani korban tanah longsor desa Sudikampir Kecamatan bumijawa. Korban diberikan pertolongan pertama kemudian dievakusi ke Mobil Ambulans dan selanjutnya di bawa ke RS Lapangan yang berjarak 150 km.
Kegiatan yang berlangsung 2 hari itu atas kerjasama PMI Cabang Kabupaten Tegal dengan Kantor Kesbangpol&linmas Pemerintah Kabupaten Tegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar