Senin, 18 Januari 2010

KSR UNIT KEC, BUMIJAWA SELENGGARAKAN

BUMIJAWA - Sebanyak 24 orang Calon Anggota KSR Unit Kecamatan Bumijawa, 2 hari kemarin (26-27 Des 2009) mengikuti Pelatihan Pertolongan Pertama. Kegiatan dipusatkan di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh KSR Unit Kecamatan bumijawa itu dalam rangka Perekrutan Anggota, disamping itu juga untuk Pembekalan Dasar bagi Calon Anggota PMI tersebut.
Beberapa materi dasar yang disampaikan dalam kegiatan tersebut antara lain Dasar-dasar Pertolongan Pertama, Penilaian Penderita, Bantuan Hidup Dasar, Perdarahan dan Syok, Pembidaian dan Evakuasi Korban.
Menurut Arif, salah satu Panitia mengatakan kegiatan Palatihan Pertolongan Pertama itu dilaksanakan bertujuan untuk pengenalan materi dasar terutama materi Pertolongan Pertama dengan harapan mereka dapat tertarik dan mempunyai minat ingin bergabung dengan PMI dalam wadah Relawan.

"Pelatihan Pertolongan Pertama itu dilaksanakan lebih awal agar mereka Calon-calon anggota KSR bisa tertarik, karena PMI itu dimata masyarakat umum identik dengan pemberian pertolongan Pertama", ungkapnya.
Drs. Budi Martono, salah satu pemateri Pertolongan Pertama, dikesempatan yang sama mengatakan, kegiatan pelatihan itu perlu ditindak lanjuti, karena materi yang disampaikan 2 hari itu masih kurang dan perlu dipelajari lebih dalam sehingga mereka dapat mempunyai keterampilan Pertolongan Pertama yang memadai.
"Kegiatan semacam itu harus berlanjut, agar colon relawan itu mempunyai kompetensi dan keterampilan yang memadai", ujarnya.

Outbound
Untuk menumbuhhan rasa tanggung jawab dan menjalin kekompakan, para peserta juga mengikuti Outbound.

Sejumlah permainan kelompok dilakukan oleh ke-24 peserta tersebut. Permainan itu diantaranya dinamakan spider net, air mengalir, merayap, panjat rintangan, menyeberang sungai dan rudal scud. Dalam melaksanakan kegiatan itu, peserta didampingi game master outbond oleh sejumlah anggota Korps Suka Rela (KSR) PMI Cabang Kabupaten Tegal.
Menurut Wakhidin, salah satu game master outbound, digelarnya kegiatan out bond itu bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan jiwa kebersamaan diantara peserta. Sehingga, nantinya diharapkan peserta dalam penugasan kemanusiaan dapat memiliki rasa tanggungjawab.

"Dengan outbound itu, peserta dapat memiliki rasa tanggung jawab, jiwa kebersamaan serta bisa menjaga kekompakan, sehingga kedepan organisasi relawan itu selalu berjalan dinamis," ujarnya.


SimulasiDiakhir acara, dilaksanakan simulasi Pertolongan dan Evakusi Korban di air, yang bertujuan peserta dapat menguasai cara Penanganan atau pertolongan korban di air.
Disamping itu peserta dapat melakukan evakusi korban dari air ke darat menuju tempat aman. Disini korban yang ditolong adalah Korban yang sadar dan tidak sadar.

Sebagai Pemandu simulasi ini adalah Andi Riyanto, Mashuri dan Inayah, A.Mk, Tim Pelatih PMI Cabang Kabupaten Tegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar