Kamis, 30 Januari 2014

Bakorwil III Jateng bentuk jejaring penanganan bencana

Pekalongan – Sebagai upaya meningkatkan koordinasi dan komunikasi PMI Kabupaten/Kota dalam penanganan kebencanaan di wilayah kerja Bakorwil III, telah digelar Rapat Koordinasi Pembentukan Jejaring Penanganan Bencana PMI Kabupaten/Kota se Korwil III pada tanggal 30 Januari 2014 di Ruang Pertemuan Rumah Jabatan  Kepala Bakorwil III Jawa Tengah di Pekalongan. Kegiatan rakor diikuti sebanyak 54 anggota Pengurus PMI Kecamatan  dari 7 PMI Kabupaten se eks karesidenan Pekalongan.
Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan yang sama, yaitu pada tanggal 28 Januari 2014 dengan peserta dari Pengurus PMI Kecamatan rawan bencana se eks karesidenan Banyumas yang diikuti sebanyak 45 peserta.
Kepala Bakorwil III Jateng, Ir Satriyo Hidayat, dalam sambutanya mengatakan, tujuan digelarnya acara ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman serta keterpaduan gerak langkah atau strategi dalam penanganan kebencanan di Wilayah Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah.
“Selain itu sebagai upaya untuk menguatkan jejaring penanganan bencana PMI Kabupaten/Kota terkait koordinasi  penanganan bencana, terutama lintas Kabupaten/Kota,”katanya.
Untuk sharing dan penambahan pengetahuan terkait penanganan Bencana, Bakorwil III menghadirkan pemateri dari PMI Banjarnegara, PMI Brebes dan dari Bakorwil III sendiri.
Pemateri dari Bakorwil III, Sugiarto S.Sos mengatakan, Bakorwil III telah membuat account jejaring sosial yaitu facebook dengan nama “Kesiapsiagaan Bencana Korwil III”.
“Dibuatnya jejaring sosial melalui facebook ini karena mudah dioperasikan. Kita manfaatkan sarana yang sudah ada dan melalui facebook ini segala informasi terutama informasi kebencanaan akan cepat kita akses sehingga penanganan akan lebih cepat. Untuk itu kami harap kepada peserta rakor terutama PMI Kecamatan dan relawan untuk bisa bergabung dalam rangka untuk memberikan informasi kejadian bencana diwilayahnya ,”ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar