Senin, 12 November 2012

PMI PROVINSI JAWA TENGAH GELAR KEMAH PENGURANGAN RISIKO BENCANA



Peserta sedang persiapan "Kampanye pengurangan Risiko"
Sebagai keberlanjutan program Sekolah Siaga Bencana (SSB) kerjasama dan Palang Merah German ( GRC ) yang digulirkan sejak 2010 silam PMI Jawa Tengah menggelar Kemah Pengurangan Resiko Bencana (KPRB). Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari dan diikuti peserta dari Kabupaten Tegal, Kudus dan Grobogan.

Maduseno Widyoworo, Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah mengatakan Palang Merah Remaja ( PMR ) sebagai anggota remaja PMI mempunyai peran dan peluang memperngarui kelompok sebayanya untuk meningkatkan ketrampilan hidup terkait pengurangan resiko bencana dan masalah kesehatan. Perilaku positif inilah yang perlu untuk dikembangkan dan diupayakan pembinaannya sejak dini.

“ Perilaku positif yang dibina sejak dini akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup di masa mendatang yang diharapkan juga akan memberikan pengaruh perilaku positif terhadap orang dewasa “ katanya dalam pembukaan kegiatan yang juga dihadiri Pengurus PMI Kabupaten Tegal.

Bp. Maduseno sedang memberikan materi PRB
Oleh karenanya, menurut Maduseno, agar para anggota PMR dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya sebagai model ( peerleader), dukungan ( peer Support ) dan  pendidik sebaya ( peer education) pengurangan resiko maka perlu disusun sebuah kegiatan yang mengarah kesitu. Salah satunya dengan digelarnya KPRB ini.

Dalam kegiatan tersebut terang Maduseno, para anggota PMR akan diberikan materi – materi terkait pengurangan diantaranya dinamika kelompok, remaja sebagai agen perubahan dan kampanye PRB remaja. “ Diharapkan melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat memfasilitasi kegiatan upaya pengurangan resiko bencana berbasis remaja melalui sekolah siaga bencana” tegasnya.

Kegiatan KPRB itu sendiri akan dilaksanakan dari Selasa ( 6/11 ) hingga Kamis ( 8/11 ) di Pantai Purwahamba Indah Suradadi Kabupaten Tegal. Tercatat sedikitnya 54 anggota PMR dari berbagai tingkatan SD hingga SMA dan pembina pendamping  dari 18 sekolah mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan juga akan diisi dengan bersih pantai pada akhir kegiatan.
Informasi lebih lanjut: M Nashir Jamaludin, Korlap SSB PMI Jateng, 081228011455

Tidak ada komentar:

Posting Komentar