Senin, 18 Januari 2010

PUTING BELIUNG SAPU 14 RUMAH

SLAWI – Sebanyak 14 rumah penduduk, Desa Karangmulya Kecamatan Bojong, Kamis (14/1) sore yang lalu diserang angin puting beliung. Kejadian ini mengakibatkan 14 rumah penduduk rusak porak poranda. Menurut data dari assesment PMI Cabang Kabupaten Tegal, musibah tersebut terjadi tepatnya di Dukuh Karangdawa RT 02 /RW 04 Desa Karangmulya, tercatat 3 rumah rusak berat dan 11 lainnya rusak ringan. Total kerugian ditaksir sekitar 125 juta.
Saat kejadian, suasana didesa tersebut hujan deras dan kabut tebal. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.
Menurut Wasna (60th), ketua RT setempat yang berhasil dimintai keterangan oleh Tim Assesmen PMI Cabang Kabupaten Tegal mengatakan, sebanyak 9 kk sementara mengungsi di rumah famili, karena atap rumahnya rusak dan bocor.
“Untuk sementara mereka mengungsi beberapa hari di rumah famili, dan akan kembali menunggu atap rumah yang rusak usai diperbaiki,” ungkapnya.

Kirim relawan dan bantuan
Jum’at (15/1) pagi, sebanyak 25 relawan PMI dikirimkan ke lokasi kejadian. Relawan yang dikirimkan berasal dari KSR Unit Markas, Unit Kecamatan Bumijawa dan Unit Galas.
Mahmudin, selaku Kepala Markas PMI Cabang Kabupaten Tegal mengatakan, pengiriman relawan itu akan dilibatkan dalam bakti sosial bersama masyarakat setempat dengan kegiatan membersihkan puing-puing.



“Mereka akan melaksanakan kerja bakti membersihkan puing-puing, disamping itu juga mereka memperbaiki atap rumah yang rusak dan memasang terpolin menggantikan atap yang rusak dan bocor,” ujarnya.
Aksi sosial relawan ini dipimpin langsung oleh dr. Bimo Bayuadji, Ketua PMI Cabang Kabupaten Tegal. Disela-sela kegiatan, Ketua PMI Kabupaten Tegal menyerahkan bantuan sembako, yang berisi antara lain; beras 150 kg dan Mie Instant sebanyak 13 Dus. Disamping itu juga disertakan bantuan 14 bungkus higienis kit dan terpolin bantuan PMI Daerah Jawa Tengah.


Bantuan ini adalah semata-mata sebagai rasa kepedulian PMI kepada masyarakat yang membutuhkan,” terang dr.Bimo saat serah terima bantuan kepada para korban yang diterimakan secara simbolis oleh Kepala Desa Karangmulya Kecamatan Bojong.

Kades Karangmulya, Agus Salim atas nama Pemerintahan Desa dan mewakili keluarga korban mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan tersebut. Pihaknya sangat menghargai kepedulian yang ditunjukan oleh PMI Cabang Kabupaten Tegal.
“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan kepada warga kami,”ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar