Rabu, 03 Desember 2008

PELATIHAHAN PENANGGULANGAN BENCANA BERBASIS MASYARAKAT


SLAWI - PMI Cabang Kabupaten Tegal bekerjasama dengan Koordinator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Tegal Minggu (16/11) mengadakan Pelatihan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat (Community Besed Disater Programe), diikuti sebanyak 250 orang berasal dari 42 desa, 6 Kecamatan di KabupatenTegal. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok: -Kelompok I : dengan materi Warning System, peringatan dini bencana. Tutor : Yuli Setyowati, S.Pd dan Sunarto
-Kelompok II : Materi Pertolongan Pertama
Tutor : Drs. Budi Martono dan Rpchadi
-Kelompok III : Materi Perawatan keluarga lapangan Tutor : Inayah, A.Mk dan Ahmad Khariri -Kelompok IV : Materi Triage dan Evakuasi Tutor : Subur danMshuri .
Setelah menerima materi teori Peserta melaksanakan praktek lapangan dengan metode simulasi Penanganan Korban Bencana tanah longsor.
Menurut Mahmudin, koordinator pelatih dari PMI, kegiatan pelatihan ini adalah upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan individu dalam merespon situsi kemungkinan bencana yang terjadi sesuai dengan karakteristik daerahnya masing-masing secara acepat dan efektif dengan kapasitas sendiri.
"Kesiapsiagaan ini mencakup penyusunan tanggap darurat, rencana tanggap darurat, pengembangan sistem, pengembangan keahlian, dan keterampilan tentang tanggap darurat bencana, Pertolongan Pertama dan penyelamatan', tuturnya.
"Setelah pelatihan ini peserta diharapkan dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat di wilayahnya,atau setidaknya menjadi Tim Sibat di Desa tinggalnya, hal ini sebagai kesiapsiaagaan apabila terjadi bencana sungguhan,"ungkap Teguh, salah satu Fasilitator PNPM Kabupaten Tegal. (Humas_pmikabtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar