Senin, 01 Desember 2008

PMI Kab. Tegal gelar Jumbara PMR, selama 3 hari


SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Tegal menggelar acara Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Cabang IX tahun 2008, di Lebaksiu Kidul, Kecamatan Lebaksiu selama 3 hari sejak Jum'at (7/11) - Minggu (9/11).
Tercatat kurang lebih 900-an siswa yang merupakan utusan dari 24 SLTP (kelompok PMR Madya) dan 22 SLTA (kelompok PMR Wira) se Kabupaten Tegal, berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Peserta mengikuti sejumlah materi, baik yang dilombakan maupun yang tidak dilombakan, diantaranya Traveling Kepalangmerahan, Kesehatan Remaja, Donor Darah, Desain Poster, desain album persahabatan, majalah dinding, artikel kepalangmerahan (Bhs. Inggris dan Bhs. Indonesia), paduan suara, HPI, pentas seni dan bhakti masyarakat.
Materi diberikan dengan metode praktek dan tertulis. Sedangkan bentuk kegiatan bhakti masyarakat yaitu dengan kegiatan kerja bhakti disekitar lokasi Jumbara, pemberian alat-alat tulis bagi anak SD N Lebaksiu kidul 04 yang kurang mampu dan penggalangan dana untuk pembangunan Mushola SD N Lebaksiu Kidul 04.
"Tujuan diselenggarakan Jumbara PMR ini adalah untuk menumbuhkembangkan karakter Kepalangmerahan dan peran PMR melalui penerapan Tri Bhakti PMR, pendekatan keterampilan hidup dan untuk mengevaluasi sejauh mana proses pembinaan PMR di Kabupaten Tegal," jelas Drs. H. Sartono, MM , selaku Ketua Panitia Jumbara Cabang IX tahun 2008.
Kegiatan Jumbara tersebut dibuka secara resmi pelaksanaannya oleh Pj. Bupati Tegal, Drs. Amat Antono. Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, Pj. Bupati Tegal antara lain berpesan agar kegiatan kemanusiaan dapat lebih disosialisasikan kepada semua lapisan warga.
"Kegiatan PMI perlu didukung oleh Pemerintah terutama Dinas terkait, karena kegiatannya benar-benar nyata untuk kemanusiaan dan dapat dirasakan masyarakat,"ujarnya.
Setelah dilaksanakan selama 3 hari, Minggu (9/11) sekitar pukul 11.00 WIB lalu, kegiatan Jumbara IX secara resmi ditutup. Dalam amanatnya saat penutupan Ketua PMI Cabang Kabupaten Tegal, dr. H. Bimo Bayuadji berpesan agar peserta dapat mengedepankan rasa kebersamaan. Sehingga kegiatan tersebut tidak semata - mata menjadi ajang saling berlomba meraih kejuaraan saja.
"Jangan jadikan Jumbara hanya semata-mata sebagai ajang mencari kemenangan saja. Untuk yang menang jangan terlalu berbangga diri, dan bagi yang kalah jadikan ini sebagai pengalaman,"himbaunya.
Berhasil keluar sebagi Juara Umum dalam kegiatan tersebut MTs Negeri Model Babakan Kecamatan Lebaksiu untuk kelompok PMR Madya dan SMK Negeri 1 Slawi untuk kelompok PMR Wira. Pemenang berhak atas piala bergilir Bupati Tegal yang akan diperebutkan 2 tahun lagi. (Humas_pmikabtegal).

4 komentar:

  1. Selamat atas pembuatan blog untuk pmi kabupaten tegal.
    SEMANGAT PAGI

    BalasHapus
  2. waaaaah blognya PMI ko update.an nya dah lama bngt c????

    BalasHapus
  3. JUMBARA yang ke-X koq blum d update yaah....??

    BalasHapus