Senin, 29 April 2013

PMI Gelar Uji Kecakapan PMR

SLAWI – Dalam rangka meningkatkan  kualitas kegiatan kepalangmerahan dan mengukur pencapaian dalam proses pembinaan dan pengembangan PMR, PMI Kabupaten Tegal menggelar Uji Kecakapan PMR Wira se Kabupaten Tegal, Minggu (28/4) di komplek Alun-alun Slawi.

Kegiatan tersebut merupakan acara rutin yang digelar setiap tahun oleh PMI Kabupaten Tegal dan kali ini yang dilaksanakan adalah Uji Kecakapan Pertolongan Pertama dan Donor Darah. Sebanyak 270 anggota PMR Wira dari siswa-siswi SMA/SMK/MA Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan antusias.

Pengurus PMI Kabupaten Tegal, bidang SDM, Totok Novariyanto SPd menjelaskan, tujuan kegiatan uji kecakapan itu secara umum adalah untuk menilai sejauh mana tingkat pengetahuan mereka yang diperoleh di pelatihan rutin di sekolah dan menilai secara individu pengembangan  karakter  remaja yang bersih, sehat dan mempunyai sifat sosial kemanusiaan.

“ Sedang tujuan dari uji kecakapan pertolongan pertama sendiri adalah menilai kompeten anggota PMR dalam menguasai materi pertolongan pertama, seperti pemahaman anatomi dan faal dasar, memiliki ketrampilan penilaian penderita, memiliki ketrampilan memindahkan penderita dan lainnya,”ungkapnya.
 
Totok mengurai, untuk uji kecakapan donor darah, peserta dinilai sejauh mana dapat mensosialisasikan donor darah dilingkungannya dan mengajak masyarakat untuk berdonor darah.
“Dari penerapan itu, alhamdulliah mereka berhasil mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya, terbukti di lokasi kegiatan uji kecakapan, di alun-alun slawi, sebanyak 60 orang mendaftarkan diri untuk berdonor darah di gerai donor darah yang disediakan panita. Dari kegiatan pengambilan darah berhasil diperoleh sebanyak 43 kantong darah,”paparnya.

Sebagai informasi, bahwa beberapa waku yang lalu, di lokasi yang sama juga digelar uji kecakapan PMR Madya berupa uji kecakapan kepemimpinan yang diikuti sebanyak 181 anggota PMR dari siswa-siswa setingkat SMP/MTs.
Di kegiatan ini mereka diuji tentang pengetahuan dan penerapan kepemimpinan, seperti pengetahuan pemahaman kerjasama, motivasi dan dinamika kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar