Senin, 04 Maret 2013

KSR Unit Stikes Gelar Pengabdian Masyarakat

Tampak Siswa SD sedang belajar cuci tangan yang benar
SLAWI – Dalam rangka merealisasikan visi Pola Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) Stikes Bhamada Slawi dan terciptanya mahasiswa yang bertakwa, kritis, santun, bermoral, demokratis, bertanggung jawab dan memiliki daya saing, Unit Kegiatan Mahasiswa Korp Suka Rela (KSR) PMI Stikes Bhamada Slawi baru-baru ini menggelar serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 2 hingga 3 Maret 2013 di desa Kaligayam Kecamatan Margasari.

“Kegiatan yang dilaksanakan antara lain Pemeriksaan golongan darah dan donor darah bagi masyarakat, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan membagikan Abate ke masyarakat, Penyuluhan kesehatan diri di lingkungan  siswa SD N Kaligayam 02  dan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi bagi siswi SMP N 2 Margasari,”jelas Wilda, Ketua KSR selaku Panitia Penyelenggara.
CekUp Kesehatan Gratis

Kepala Desa Kaligayam, Amsori mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilakukan Mahasiswa Stikes bhamada Slawi di Desanya. “Dari kegiatan pemeriksaan Golongan Darah gratis maka masyarakat kami yang tadinya tidak tahu golongan darahnya sekarang menjadi tahu dan banyak yang mau untuk mendonorkan darahnya. Dengan penyuluhan kesehatan dan pembagian abate untuk pembrantasan nyamuk, masyarakat semakin paham untuk menjaga pola hidup sehat,”ungkapnya.

Salah satu siswa SMP Negeri 2 Margasari, Wida, usai penyuluhan menggatakan, dengan adanya penyuluhan kesehatan repruduksi, dirinya menjadi paham. “Setidaknya dapat menambah ilmu pengetahuan,”cetusnya.

Sementara itu, Waka III Bidang Kemahasiswaan Stikes Bhamada Slawi, Tri Agustina H SST, mengatakan, tujuan dilaksanakannya program dengan tajuk pengabdian masyarakat adalah membantu mensukseskan program Dinas Kesehatan Kabu Tegal dalam menurunkan AKI. “Selain itu juga untuk meningkatkan kepedulian dan jiwa sosial dengan sesama, meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa dan mengenalkan Stikes Bhamada Slawi kepada masyarakat luas,”pungkasnya.

Untuk menyukseskan serangkaian kegiatan itu, pihak penyelenggara juga menggandeng PMI Kabupaten Tegal dan Puskesmas Margasari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar