Senin, 17 Desember 2012

6 SEKOLAH SIAGA BENCANA GELAR SIMULASI


SLAWI - Sebanyak Enam Sekolah Progam Sekolah Siaga Bencana baru-baru ini menggelar Simulasi Penanganan Bencana pada minggu kedua Desember kemarin. Keenam sekolah tersebut antara lain SMP N 2 Bojong, SMP N 1 Warureja, SMP N 3 Bumijawa, SMP N 2 Margasari, MTs NU Sigedong dan SMK N 1 Bumijawa. Pihak yang terlibat dalam pelaksanaan simulasi tersebut adalah semua warga sekolah yang terdiri dari unsur Siswa, PMR, Guru, TU, penjaga sekolah dan kantin.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayuadji mengatakan, tujuan diadakan simulasi penanganan bencana di sekolah adalah dalam rangka Upaya Pengurangan Risiko bencana bagi warga sekolah terutama siswa. "Anak sekolah merupakan golongan yang rentan terkena dampak bencana di sekolah. Oleh karena itu, baik guru maupun semua komponen yang ada di sekolah bertanggungjawab terhadap keselamatan siswa selama berada di sekolah, terutama sekolah yang berlokasi di daerah rawan bencana,"ungkapnya.

Koordinator Pendampingan Simulasi PMI Kabupaten Tegal, Thamalia Haristiani S.HI menjelaskan, dalam melaksanakan simulasi bencana disekolah, mereka berpedoman pada Standar Operasional Prosedur penanganan bencana yang dibuat. "Dengan kegiatan simulasi semacam ini, diharapkan semua komponen yang ada disekolah paham akan peran masing-masing sesuai SOP tanggap darurat yang telah dibuat. Mereka akan berbuat apa dan mau apa bila terjadi bencana sesungguhnya,"jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam rangka mencapai tujuan Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah tersebut, sekolah Program sudah melaksanakan kegiatan antara lain latihan rutin PMR di sekolah, sosialisasi kesiapsiagaan di sekolah kepada seluruh warga sekolah serta kampanye pengurangan resiko bencana. "Selain itu, telah diberikannya bantuan peralatan pertolongan pertama, tandu, tabung pemadam kebakaran, Megaphone dan tempat tidur,"paparnya.

Kegiatan simulasi penanganan bencana di enam sekolah di Kabupaten Tegal terselenggara atas dukungan dari Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Jerman (German Red Cross).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar