Sabtu, 13 Oktober 2012

SMA N 1 PAGERBARANG GELAR DONOR DARAH



PAGERBARANG – Puluhan siswa-siswi, guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pagerbarang menyumbangkan darahnya melalui Kegiatan Donor Darah Siswa (DORAS), Sabtu (6/10) belum lama  ini. Dalam kegiatan tersebut berhasil terkumpul sebanyak 26 kantong darah.
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pagerbarang Ahmad S.Pd melalui Pembina PMR Lukman Hakim SAg mengatakan, kegiatan  donor darah  yang berlabel Donor Darah Siswa itu dilaksanan rutin setiap tiga bulan sekali. Peserta donor berasal dari siswa-siswi, guru dan karyawan. “Khusus untuk calon donor dari siswa, diambil dari siswa kelas XI dan XII,”ungkapnya.
“Sebenarnya para calon donor banyak, namun karena faktor kesehatan dan fisik yang tidak mendukung hanya terkumpul 26 kantong darah,”imbuhnya.
Secara terpisah direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tegal, Hj Sumaryati Bimo mengatakan, hasil donor darah tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, namun darah tersebut terlebih dahulu diperiksa agar benar-benar terisolir dari penyakit, baru siap pakai. “Darah dari donor harus diperiksa terlebih dahulu dan bebas dari penyakit baru dapat didonorkan kepada pasien,”jelasnya.
Para pendonor yang telah diambil darahnya, seperti biasa mendapat menu tambahan dari PMI, seperti susu, telor dan pop mie agar kondisinya cepat pulih seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar