Sabtu, 14 Juli 2012

WORKSHOP KIE, KURANGI RISIKO BENCANA

 SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menjadi Peserta  Workshop  Pengembangan Komunikasi Informasi Edukasi Pengurangan Risiko Bencana (KIE-PRB) Tahun 2012.  Kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI Provinsi Jawa Tengah dengan dukungan Palang Merah Jerman tersebut digelar selama lima hari yakni dari tanggal 12 Juli hingga 16 Juli 2012 bertempat di Pusdiklat PMI Provinsi Jawa Tengah, Sambiroto Semarang.


Peserta Workshop diikuti sebanyak empat puluh lima orang yang terdiri dari unsur Pengurus/Staf, Relawan, Pembina PMR, Sibat, PMR, BPBD dan Dinas Dikpora. Mereka mewakili utusan dari  Kabupaten Tegal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Grobogan dan PMI Provinsi Bengkulu yang merupakan peserta kehormatan.

Panitia penyelenggara, Nasir Jamaludin menjelaskan, tujuan diadakannya Workshop KIE-PRB itu adalah dalam rangka Upaya Pengurangan Resiko Bencana yang dikemas dalam media Komunikasi Informasi dan edukasi. "Para peserta workshop diharapkan mampu membuat rancangan Media KIE yang efektif dan efesien sebagai alat kampanye disekolah maupun di Masyarakat. Media KIE dapat berupa Poster, Spanduk, Kaos, PIN Banner maupun Film,"jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, agar hasil workshop berhasil maksimal, pihak panitia menggandeng nara sumber yang berkompeten antara lain dari  LIPI, Save the Children, NGO dan dari PMI Provinsi serta PMI Pusat. "Dengan nara sumber yang ahli dibidangnya diharapkan peserta dapat mampu dan memahami hingga dapat merancang Media KIE-PRB yang efektif dan efesien. Mereka dibekali teori maupun praktik serta menganalisa hasilnya"terangnya.

 
Sementara salah satu peserta workshop dari Kabupaten Tegal, Thamalia Haristiani, SH.I mengatakan, dengan adanya pelatihan semacam itu dapat memperkaya  alat Peraga Pengurangan resiko Bencana (PRB) di Kabupaten Tegal. "Saya berharap dengan semakin banyaknya Media KIE PRB, risiko bencana dapat diminimalisir karena Media KIE sangat berperan dan memiliki pengaruh besar dalam mempercepat pemahaman pesan oleh penerima manfaat."paparnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar