Kamis, 08 September 2011

PMI bantu 5 korban kebakaran Buniwah


Relawan PMI membersihkan lokasi kebakaran
BOJONG – Musibah Kebakaran yang menimpa 8 rumah warga di RT 3 RW 2 desa Buniwah, Kecamatan Bojong, memantik keprihatinan sejumlah pihak. Salah satunya muncul dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.
Musibah yang terjadi Senin(5/9) kemarin sekitar pukul 11.00 WIB itu, mengakibatkan 5 rumah papan milik warga ludes rata dengan tanah serta 3 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan.
Adapun rumah yang ludes itu diantaranya milik Khamami (40) yang di huni 3 jiwa, Suranto (50) yang dihuni 4 orang, Kadar(55) yang dihuni 5 orang, Suryat(60) yang dihuni 1 orang, dan Muhyono (45) yang dihuni 5 orang. Diperkirakan kerugian yang diderita masing-masing rumah antara 40 juta sampai 50 juta. Kecuali rumah milik Muhyono (45), dengan tambahan kerugian berupa terbakarnya uang tunai Rp. 65 Juta dan emas 26 gram.
Kesimpulan sementara menyebutkan, musibah kebakaran diduga kuat berasal dari konsleting arus listrik yang berasal dari rumah milik Khamami. Percikan api kemudian membesar dan menghanguskan rumah warga di sekitarnya.
Kejadian itupun kemudian oleh Camat Bojong Drs. H. Imam Masykur MSi dilaporkan ke PMI Kabupaten Tegal. Laporan dari Camat Bojong yang juga Pengurus PMI Kabupaten Tegal itu, diterima oleh Kepala Markas PMI, Mahmudin.
Usai menerima laporan, PMI langsung bergerak ke lokasi kejadian kebakaran. Sebagian relawan yang sebelumnya telah berada di sekitar lokasi kejadian, sudah langsung membantu memadamkan api bersama warga. Relawan PMi yang berjumlah 25 orang itu, dipimpin langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayuadji, yang juga ikut membantu membersihkan puing-puing bekas kebakaran.
memilah-milah Material bekas yg bisa digunakan kembali

Adapun Relawan PMI yang dilibatkan terdiri dari unsur KSR Unit Markas, Bumijawa dan relawan SIBAT Bumijawa. Selain membantu memadamkan api dan membersihkan puing-puing, para relawan PMI bersama warga juga membuat tenda darurat untuk tempat huni sementara bagi para korban.
Menurut Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayuadji, langkah yang ditempuh PMI itu sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah kebakaran.

Ketua PMI Kab. Tegal menyerahkan paket bantuan
 
Bantuan diserahkan oleh Ketua PMI Kabupaten Tegal yang di trima oleh ketua RT 03 RW 02 Desa Buniwah Kecamatan Bojong,Nuridin,Mewakili Korban musibah kebakaran “PMI Kabupaten Tegal menyerahkan bantuan berupa paket sembako, hygenis kit, alat kerja bakti berupa pacul dan sekop, serta terpal untuk membuat tenda untuk membuat tenda huni sementara bagi korban, terangnya.
Ditambahkan dr Bimo, pihaknya merasa prihatin atas musibah yang menimpa warga yang beberapa waktu lalu usai merayakan Hari raya Lebaran. “Kami turut prihatin dengan adanya musibah ini, semoga bagi warga korban dapat selalu tabah. Mudah-mudahan bantuan dari PMI ini dapat bermanfaat.” Harapnya.
Adapun bantuan yang diserahkan kepada masing-masing korban diantaranya paket sembako berisi beras, mie instan, biskuit, kecap manis, gula pasir, teh, minyak goreng, air mineral. Juga hgyienis kit yang terdiri dari sabun mandi, sabun cuci, shampoo, pasta gigi, sikat gigi, handuk, sarung, pembalut wanita, lap makan, dan jerigen air. Selain itu ada pula bantuan terpolin, cangkul, sekop, dan pakaian pantas pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar