Jumat, 05 Juni 2009

AKSI DONOR DARAH Peringati HUT Palang Merah



1). Pemeriksaan Kesehatan ------------------------------2). Pemeriksaan Hb dan Golongan Darah.



3). Pengambilan Darah Donor --------------------------4). Pengambilan Darah Donor

SLAWI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 146 Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, PMI Cabang Kabupaten Tegal menggelar Aksi Donor Darah Sukarela di Pendopo Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, sejak Senin (25/5) dan berakhir Rabu (27/5). Acara ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 408 Kabupaten Tegal.

Kepala UTD PMI Cabang Kabupaten Tegal, dr Sumaryati mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 146 Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Mei 2009, sekaligus memperingati Hari Jadi ke 408 Kabupaten Tegal, yang jatuh pada tanggal 18 Mei 2009. Adapun misi dari Donor Darah ini adalah kemanusiaan,
”Darah yang dihasilkan dari kegiatan Donor Darah ini nantinya untuk membantu bagi mereka yang membutuhkan,” katanya saat ditemui diakhir acara tersebut.

Sebagai peserta Donor Darah, PMI Cabang Kabupaten Tegal mengundang sebanyak 159 institusi yang meliputi Dinas, Badan, Bagian, kantor, TNI, POLRI, Stikes, Akbid, Sekolah, Parpol, Organisasi Kemasyarakatan dan Pramuka. Dari undangan tersebut, tercatat hanya 49 institusi yang bisa mengikuti Donor Darah. Sehingga perolehan darah dari kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari, hanya berhasil terkumpul darah sebanyak 233 kantong dari target 500 kantong. Hasil ini menurun dibanding kegiatan Donor Darah serupa pada tahun 2007 yang berhasil memperoleh 450 kantong darah.

Menurut dr Sumaryati, menurunya perolehan donor darah tersebut, salah satu penyebabnya karena peserta calon donor darah yang berasal dari kalangan pelajar yang kebanyakan kelas 12, sedang libur setelah mengikuti ujian akhir sekolah. Sedangkan di kalangan pegawai, masih banyak yang kurang peduli terhadap pentingnya donor darah. Sampai saat ini, yang masih solid dari TNI dan POLRI terbukti banyak peserta donor darah dari kalangan TNI / POLRI.

439 Kantong / bulan
UTD PMI Cabang Kabupaten Tegal selama ini seringkali mengalami kekurangan darah. Setiap hari, rata-rata darah yang dikeluarkan lebih dari 20 kantong. Sedangkan pasokan darah tak menentu, rata-rata yakni 439 kantong/bulan. Jadi untuk Pemenuhan darah bagi pasien, 80 % berasal dari Donor Darah Sukarela. Sedangkan kekurangannya (20%) pihak UTD mencari Donor Pengganti dari keluarga atau masyarakat. Untuk mencukupi stok darah, pihak UTD akan selalu menggiatkan Donor Darah dari sekolah maupun dari Dinas/Instansi melalui Mobil Unit Donor Darah.
”Kami mengajak kepada masyarakat, agar peduli terhadap kemanusiaan, dengan melakukan donor darah,” himbaunya. (Humas pmi kabtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar