Rabu, 20 Mei 2009

HUT PMBSM sedunia, PMI Gelar Sertifikasi Wira “HELP”



1. Upacara HUT PM & BSM Internasional -----------2. Peserta Upacara & Peserta Sertifikasi Wira H



3. Peserta mengikuti Materi Out bound --------------4. Praktik PP dalam simulasi Penanganan Bencana.



5. Praktik mengevakuasi korban . ------------------6. Korban dibawa ke tempat yg lebih aman.


7. Bakti Sosial dilingkungan kegiatan. -----------------8. Peserta dikukuhkan menjadi PMR Wira Help.

SLAWI – Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Palang Merah (PM) dan Bulan Sabit Merah (BSM) Internasional ke-146, PMI Cabang Kabupaten Tegal menggelar kegiatan Sertifikasi Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira ”Help”. Acara dilangsungkan selama 3 hari, sejak Jum’at (8/5) dan berakhir Minggu (10/5). Acara digelar dengan mengambil dua lokasi kegiatan , yakni di SMK N 1 Slawi dan SMA N 1 Pangkah.
Pembukaan Sertifikasi PMR Wira ”Help” dilaksanakan berbarengan dengan Upacara Peringatan HUT ke 146 PM dan BSM Internasional. Upacara yang dilaksanakan secara sederhana itu digelar di halaman SMK N 1 Slawi, diikuti lebih kurang 360 orang, dengan Pembina Upacara Drs. H. Sunyoto,MM, penasehat PMI Cabang Kabupaten Tegal. Tema Peringatan kali ini adalah ”Satu orang dapat membuat perbedaan, satu gerakan dapat merubah dunia”. Disela-sela upacara tersebut, dibacakan Sambutan Ketua Umum PMI pusat, Marie Muhammad.
Pembukaan Sertifikasi Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira ”Help” ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada dua orang perwakilan siswa.
Usai upacara pembukaan, peserta mengikuti sejumlah materi yang diberikan dalam bentuk teori, di SMK N 1 Slawi. Peserta mengikuti materi tersebut hingga pukul 20.00 WIB. Saat tiba pukul 20.00 WIB, peserta melanjutkan kegiatan dengan bentuk pengembaraan, yakni berjalan kaki menuju ke SMA N 1 Pangkah yang berjarak lebih kurang 6 km dari SMK N 1 Slawi.
Setelah beristirahat semalam, keesokan paginya , peserta mengikuti sejumah materi kegiatan baik teori maupun praktek. Materi yang diberikan itu, diantaranya Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), Siaga Bencana, simulasi Penanganan Bencana dan Out Bound.
Menurut ketua PMI Cabang Kabupaten Tegal, dr. H. Bimo Bayuadji, pelaksanaan Sertifikasi PMR Wira tingkat ”Help” disesuaikan dengan kurikulum Pelatihan yang ada. Meskipun diakuinya, alokasi waktu yang tersedia selama 3 hari itu, masih dirasa sangat kurang untuk menyampaikan seluruh materi pelatihan yang sudah ditentukan oleh PMI Pusat.
”Kalau mengacu pada kurikulum yang ada, sebetulnya waktu yang tersedia, masih sangat kurang. Tapi selain di Cabang, mereka (peserta) juga menerima materi di masing-masing sekolahnya”,
terang dr. H. Bimo Bayuadji, saat ditemui menjelang acara Pembukaan, Jum’at (8/5) yang lalu.
Dijelaskan dr. H. Bimo, selain PMR Wira ”Help”, terdapat pula 3 spesifikasi lainnya, yakni Wira ”Peer” dengan materi tentang Pendididikan Remaja Sehat (PRS), ”Leader” dengan materi yang mencakup kepemimpinan dan kepalangmerahan, dan ”Blood” yang berisikan materi seputar motivasi untuk melakukan Donor Darah.
”Hingga saat ini, PMI Cabang Kabupaten Tegal sudah melaksanakan 3 Kegiatan Sertifikasi, yakni Wira ”Hep”, Wira ”Peer” dan Wira ”Leader” masing-masing 3 kali. Sementara untuk Wira ”Bood” masih sulit dilaksanakan, karena butuh pembuktian sudah pernah melakukan donor darah dan pernah mengajak orang lain untuk melakukan donor darah”.
Syarat mengikuti kegiatan Sertifikasi Wira ”Help” di tingkat Cabang, calon peserta terlebih dahulu dinyatakan lulus tes tertulis dalam Buku Persyaratan Kenaikan Jenjang yang dilaksanakan di sekolah masing-masing.

Markas PMI Cabang Kabupaten Tegal :
Email : pmi_kabtegal@pmi-jateng.co.cc
humas_pmikabtegal@yahoo.com
Website : www.pmikabupatentegal.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar