Kamis, 07 Mei 2009

Rakor PMI Wilayah III, PMI Jawa Tengah


SLAWI – Koordinator PMI Wilayah III Jateng menggelar acara Rapat Koordinasi (Rakor) PMI Cabang se korwil III Jateng tahun 2009 di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Padepokan Wulan Tumanggal Desa Dukuhtengah Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Meskipun status gunung ini masih dinyatakan siaga level tiga, hal tersebut tidak menyurutkan niat Panitia penyelenggara untuk menggelar Rakorwil di daerah rawan terkena dampak letusan itu.

Penyelenggaraan Rakorwil sudah merupakan agenda tahunan Koordinator PMI Wilayah III Jawa Tengah. Tentang tempat penyelenggaraan di Kabupaten Tegal tersebut, juga sudah menjadi kesepakatan Rakorwil tahun lalu di Pekalongan.

Rapat Koordinasi (Rakor) PMI Cabang se korwil III Jateng tahun 2009 ini diikuti 55 orang peserta, terdiri dari unsur Ketua, Sekretaris, Kepala UTDC, Kepala Markas dan Relawan yang ada di PMI Cabang Korwil III Jateng. Adapun pelaksanaannya berlangsung selama dua hari, yakni mulai Sabtu (2/5) sore hingga Minggu (3/5) siang.

Peserta mengikuti sejumlah materi yang disajikan oleh Koordinator PMI wilayah III maupun dari PMI Cabang yang ditunjuk untuk pemaparan. Adapun materinya antara lain :
1. Pengelolaan SDM dan Keuangan, oleh PMI Cabang Banyumas.
2. Kesiapsiagaan Penanganan Bencana dan Pertolongan Pertama, oleh PMI Cabang Cilacap.
3. Pembinaan Generasi Muda, oleh PMI Cabang Batang.
4. Usaha Kesehatan Transfusi Darah (UKTD), oleh PMI Cabang Kota Pekalongan.
5. Penilaian Kinerja PMI Cabang versi Korwil III Jateng dan Peta Kekuatan PMI Cabang versi PMI Jateng, oleh PMI Cabang Banjarnegara.

Sebelumnya, peserta Rakor juga mengikuti pemaparan tentang Umpan Balik Evaluasi Kinerja PMI Cabang se Korwil III tahun 2008, oleh Koordinator PMI Wilayah III Jateng.

Kelima materi yang disajikan oleh perwakilan PMI Cabang, selanjutnya dibahas melalui diskusi kelompok untuk mendapatkan kesepakatan-kesepakatan penting dalam rangka memajukan PMI di Korwil III Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Drs. Makmun, MM, Assisten II Sekda Kabupaten Tegal dan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, yakni Kepala Dinas terkait, Muspika Kecamatan Bojong dan Bumijawa, Pengurus PMI Ranting Bojong dan Bumijawa, Romo Guru Padepokan Wulan Tumanggal, Korwil III serta Pengurus Daerah PMI Provinsi Jawa Tengah, yang diwakili oleh H. Thobari HR, selaku ketua Bidang Penanggulanagan Bencana PMI Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Setelah dilaksanakan 2 hari, Minggu (3/5) sekitar pukul 15.00 WIB lalu, kegiatan Rapat Koordinasi PMI Cabang Wilayah III, resmi ditutup oleh Ketua PMI Cabang Kabupaten Tegal, dr. Bimo Bayuadji.

(Humas_pmikabtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar