Sabtu, 19 April 2014

3 Rumah terbakar, PMI kirim Relawan dan barang bantuan


TEGAL- Sebanyak tiga rumah di Dukuh Samiran RT 18/ RW 1, Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal Jawa Tengah terbakar, Jum'at (18/4/2014) sore. Api melalap tiga rumah sekitar pukul 16.45 WIB. Satu Rumah milik Rohmat ludes terbakar dan dua rumah milik Kidin dan Feri Apriyanto mengalami rusak ringan.

Berdasarkan hasil asesment Tim Relawan PMI, diperoleh informasi bahwa api bersumber dari rumah Rohmat kemudian menjalar ke rumah disamping kanan kiri rumah rohmat. Penyebab kebakaran karena korsleting listrik kabel sambungan  yang berada di ruang tengah.
“Kabel listrik sambungan yang terpasang di rumah rohmat tidak standar, asal nyambung sehingga bisa menimbulkan korsleting dan terbakar,”cetus Tri Winarno, relawan PMI saat mendata penyebab kebakaran.
Hal itu juga dibenarkan oleh Ibu Korban, dua jam sebelumnya percikan api sudah terlihat namun Ibunya menganggap hanya percikap biasa.
“Saya sudah sempet memarikan stopkontak, saya kira sudah mati, ternyata stopkontak itu bukan salurannya,”ujar Musripah, Ibu Rohmat sambil sedih.

PMI Kirimkan Bantuan dan Relawan
Mendengar informasi kejadian kebakaran yang menimpa warga Dukuh Samiran Desa Sokasari, PMI Kabupaten Tegal langsung menerjunkan Relawan Sibat untuk melakukan penanganan tanggap darurat di sana. Tim Sibat melakukan pendataan dan memberikan pertolongan.

Pagi harinya, Sabtu (19/4/2014) PMI kembali mengirimkan Relawan untuk melanjutkan kegiatan kemanusiaan di lokasi kebakaran. PMI bersama warga bahu membahu gotong royong membersihkan material bekas kebakaran. Selain itu PMI juga memberikan Barang Bantuan berupa Beras, Mie Instan, Family Kit dan Terpaulin.
Ketua PMI Kabupaten Tegal, H Iman Sisworo SH menyampaikan prihatin atas musibah yang menimpa tiga warga di Desa Sokasari. Pihaknya berharap kepada warga untuk berhati-hati dalam segala hal, terutama dalam pemasangan instalasi listrik di rumah.

“Kita harus berhati-hati, kalau tidak bisa, serahkan saja pada ahlinya, sehingga tidak menimbulkan musibah seperti yang dialami bp. Rohmat,”imbaunya.

Sementara itu, Rohmat selaku sohibul musibah, menyampaikan terima kasih kepada PMI Kabupaten Tegal yang telah memberikan bantuannya, baik moril maupun materiil.

“Terima kasih PMI, bantuanya sangat bermanfaat bagi keluarga saya,”ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar