Kamis, 30 Agustus 2012

Rumah lansia ludes terbakar, PMI kirim bantuan

Relawan PMI, Sibat Bumijawa \membersihkan puing-puing kebakaran
SLAWI – Diduga akibat lampu teplok atau ceplik terjatuh, satu rumah dan seisinya di RT 5 RW 5 Dukuh Aren, Desa/Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal ludes dilalap si jago merah, Selasa (28/8) sekitar pukul 23.00. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta.
Rumah berbahan papan kayu tersebut diketahui milik pasangan Sabar (65) dan istrinya Karminah (69). Saat kejadian, Karminah sedang tertidur pulas, sementara Sabar sedang berada di Purwokerto untuk mengunjungi anak pertamnya.
Informasi yang dihimpun Tim Asesment Siaga Bencana Berbasis Masyarakat  (Sibat) Palang Merah Indonesia (PMI) Desa Bumijawa, kebakaran tersebut kali pertama  diketahui tetangga korban, Sukirno. Saat api masih kecil, dia langsung memeriksa ke dalam dan mendapati Karminah tengah tertidur pulas.
Sukirno dibantu sejumlah warga kemudian langsung menggendongnya menuju tempat yang aman. Warga yang lain berusaha memadamkan api. “Namun karena rumah itu terbuat dari papan kayu, api langsung melahapnya hingga ludes,”terang Anto, salah satu anggota Sibat Bumijawa.
Sekretaris PMI menyerahkan bantuan kepada keluarga korban

Bantuan
Sementara itu PMI Kabupaten Tegal, langsungmenyerahkan paket bantuan kepada korban, Rabu (29/8) pagi. Bantuan diserahkan Sekretaris PMI H Iman Sisworo SH, berupa bahan kebutuhan pokok, peralatan rumah tangga dan terpal ukuran 4x6 meter.
“Bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian PMI yang cepat tanggap dan langsung merespon bila terjadi bencana atau musibah di Kabupaten Tegal,”ungkapnya.
Lebih lanjut dia menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap bahaya api. Hal itu karena saat ini merupakan musim kemarau sehingga kebakaran mudah terjadi.
Perangkat Desa setempat, Edi Purwanto berharap, bantuan dari PMI tersebut bias membantu meringankan beban korban musibah kebakaran di desanya. (K22-74)
Sumber: Koran Suara Merdeka, Suara Pantura (29/8/2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar