Jumat, 03 Februari 2012

MUKERKAB PMI, Munculkan Program Unggulan

Asisten II, Drs. Agus Subagyo membuka secara resmi Mukerkab PMI
MUSYAWARAH Kerja Cabang (Muskercab) PMI Kabupaten Tegal tahun 2012, yang bertempat di aula SMKN 1 Slawi, Kamis (2/2), memunculkan beberapa program kerja tahun 2012.
Muskercab diikuti oleh pengurus PMI Kabupaten Tegal, pengurus PMI Kecamatan, dan relawan PMI yang dibuka oleh Asisten II Setda Kabupaten Tegal Drs H Agus Subagyo MM.
Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayuadji, menjelaskan, ada beberapa hal penting dan harus mendapatkan perhatian serius bagi pengurus PMI Kabupaten Tegal. Yakni rencana penambahan alat berupa Refrigator Centrifuge atau alat pembuatan komponen darah. Hal ini mengingat kebutuhan masyarakat akan komponen darah di Kabupaten Tegal berupa Trombosit dan PRC, cukup besar. Pengadaan alat tersebut harus direalisasikan walaupun memerlukan dana yang cukup besar. Bahkan, jika perlu mencari pinjaman kepada pihak ketiga.
“Sumber dana kita saat ini hanya berasal dari sumbangan masyarakat lewat kegiatan Bulan Dana PMI dan dari unit-unit usaha PMI saja. Sehingga kita akan melakukan efisiensi penggunaan anggaran dan mencoba membuka unit usaha baru berupa klinik PMI yang tahun 2012 ini akan mulai dirintis. Semoga pembelian alat baru yang memerlukan anggaran Rp 600 juta sampai Rp 700 juta itu, direalisasi,” jelasnya.
Program yang menjadi prioritas kedua, lanjut Bimo, adalah pembangunan gedung pelayanan PMI yang bertempat di sebelah Utara Pemda Kabupaten Tegal. Dijelaskannya, tanah yang telah dibeli PMI Kabupaten Tegal seluas 3.719 m2 pada pertengahan tahun ini akan dimulai pembangunannya. Selain itu juga program kesiapsiagaan bencana dan pengerahan donor darah sukarela, juga menjadi program–program yang serius dibicarakan oleh peserta.
Pelaksanaan Sidang Komisi

Ditambahkan, PMI didirikan bertujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia, apapun sebabnya dengan tidak membedakan golongan, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjutnya, PMI melaksanakan berbagai kegiatan layanan. Salah satunya adalah Upaya Kesehatan Transfusi Darah. Dimana kegiatanya yaitu rekruitmen donor, seleksi donor, pengambilan darah, pemeriksaan uji saring darah, pembuatan komponen Dalam Muskercab PMI Kabupaten Tegal tersebut, mempunyai tiga agenda utama yaitu pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja tahun sebelumnya, membahas program kerja PMI tahun yang akan datang, dan membahas hal-hal penting lainnya
Peserta Musyawarah Kerja PMI Kab. Tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar