Selasa, 04 Januari 2011

2 PENDAKI GUNUNG SLAMET AKHIRNYA DITEMUKAN






GUCI – Dua pendaki dikabarkan hilang di Gunung Slamet, Kabupaten Tegal. Dua orang yang merupakan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tersebut melakukan pendakian bersama tujuh teman lainnya pada Jumat (31/12) siang. Mereka berencana merayakan tahun baru di puncak Gunung Slamet.
Karena cuaca buruk, dua orang yakni Adam (23) dan Gilang (22) warga Bekasi terpisah dari teman-temannya hingga dikabarkan hilang. Minggu (2/1) pagi Tim Gabungan Pecinta Alam Alas Slamet (Galas) Kabupaten Tegal yang mendapatkan laporan dari Pos Guci, langsung melakukan pencarian korban. Selama delapan jam, akhirnya kedua korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, hanya mengalami dehidrasi dan kelelahan karena kekurangan air minum, namun kedua korban langsung mendapat penanganan darurat oleh Tim Galas.
Melihat situasi cuaca yang kurang bersahabat, evakuasi dilakukan pagi harinya, hingga pukul 14.30 korban berkasil dievakusi di Pos Guci dalam kondisi baik. Selanjutnya kedua korban mendapat penanganan medis dari Tim Palang Merah Indonesia Kabupaten Tegal.
Imam Santoso Kepala UPTD II OW. Guci mengatakan, sembilan pendaki itu melakukan pendakian tanpa izin pengelola jalur pendakian Gunung Slamet Guci. “Seandainya mereka izin kepada kami, pendakian tidak kami ijinkan. Untuk sementara Jalur pendakian yang melalui Guci kami tutup, karena saat ini cuaca masih buruk yaitu adanya hujan dan kabut tebal dan seandainya terpaksa diijinkan harus ada pendampingan dari Tim Galas kami,” terangnya.
Pengurus Galas, Jimy hartono yang juga merupakan Relawan PMI Kabupaten Tegal menghimbau kepada para pecinta alam yang akan melakukan pendakian di Gunung Slamet, harap melakukan persiapan yang matang, baik persiapan dari Tim maupun koordinasi dengan pihak terkait, sehingga apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, masalah bisa ditangani dengan cepat.
“Koordinasi dengan pihak terkait harus ada dan kekompakan tim juga harus dijaga,”ungkapnya.
Sunarto_humaspmikabtegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar